Beranda Sosok Awalnya Dianggap Gila, Mbah Sadiman Hijaukan Bukit Gersang Seorang Diri

Awalnya Dianggap Gila, Mbah Sadiman Hijaukan Bukit Gersang Seorang Diri

BAGIKAN
Awalnya Dianggap Gila, Mbah Sadiman Hijaukan Bukit Gersang Seorang Diri

Foto/net

Cirebontrust.com – Adalah Mbah Sadiman. Warga sipil yang tinggal di Dusun Bali, Desa Geneng Kecamatan Bulukerto, Wonogiri. Dia dan sang istri menghidupi diri sebagai petani penggarap lahan tumpangsari di areal Perhutani.

Dilansir dari Otonomi.co.id, Selasa (13/12), yang istimewa dari Mbah Sadiman adalah dedikasinya kepada lingkungan. Bertahun-tahun bekerja sendiri menghijaukan Bukit Gendol dan Bukit Ampyangan yang merupakan lereng Gunung lawu sisi tenggara dengan biaya sendiri sejak 1975. Lahan itu merupakan milik negara yang hasilnya pasti tak akan dinikmatinya.

Tanpa sepengetahuan istri dan anaknya, ia menanami bukit gersang dengan tangannya sendiri. Mbah Sudiman mencari bibit beringin liar, mencangkok, atau mendapatkan dari orang lain yang ia tukarkan dengan bibit cengkeh dan jati miliknya sehingga ia kerap dianggap gila karena menukar cengkeh dengan bibit beringin liar yang dianggap tidak menghasilkan apa-apa oleh masyarakat.

Meski dikatakan gila, dengan tekun ia terus menanam dan merawat pohon. Hasilnya, beringin generasi pertama sudah memiliki lingkar batang 2,5 meter. Air pun kini tak lagi sulit, bahkan saat musim kemarau datang. Bukit Gendol dan Ampyangan pun kembali hijau. (SW)

BACA Juga:
Sebelum di Jakarta, Teks Proklamasi Berkumandang di Alun-Alun Kejaksan Cirebon

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here