Beranda Imigrasi Benarkah Buat Paspor Kini Harus Punya Tabungan Rp25 Juta?

Benarkah Buat Paspor Kini Harus Punya Tabungan Rp25 Juta?

BAGIKAN
Benarkah Buat Paspor Kini Harus Punya Tabungan Rp25 Juta?

Ilustrasi: shutterstock

Cirebontrust.com – Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM dikabarkan menetapkan kebijakan untuk permohonan pembuatan paspor baru. Salah satu poin kebijakan tersebut adalah pemohon harus memiliki tabungan atas nama pemohon dengan jumlah minimal Rp25 juta.

Dilansir dari Otonomi.co.id, Sabtu (18/3/2017), kebijakan ini ditetapkan menyusul adanya surat edaran nomor IMI-02177.GR.02.06 tahun 2017 tentang pencegahan tenaga kerja Indonesia (TKI) non-prosedural. Kebijakan ini sudah berlaku sejak 1 Maret 2017.

Sedangkan untuk pemohon yang ingin menjadi TKI di luar negeri, harus menyertakan keterangan dari beberapa pihak terkait. Keterangan itu disertakan dari Kementerian Tenaga Kerja dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Selain itu pemohon yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri dengan tujuan lain akan diterapkan persyaratan antara lain:

1. Untuk keperluan menunaikan ibadah haji khusus/umroh, meminta rekomendasi dari Kementerian Agama kabupaten/kota dan surat keterangan dari Penyelenggara Perjalanan Ibadah Haji khusus Umroh (PPIH/PPIU).

2. Untuk keperluan magang dan program bursa kerja khusus, meminta surat rekomendasi dari Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja.

3. Untuk kunjungan keluarga, meminta surat jaminan dan fotokopi paspor dari keluarga yang akan dikunjungi.

4. Untuk keperluan wisata, melampirkan buku tabungan atas nama pemohon dengan nominal sekurang-kurangnya Rp25 juta.

Adapun terdapat beberapa destinasi negara yang akan lebih diperketat karena umumnya menjadi sasaran bagi para pekerja. Negara tersebut adalah Malaysia, Timur Tengah, Hongkong, Taiwan, dan Korea Selatan.

Terkait dengan peraturan tersebut, Menurut Kepala Bagian Humas Imigrasi Kementerian Hukum dan Ham, Agung Sampurno, tidak semua pemohon dimintakan persyaratan tabungan tersebut. Melainkan hanya pemohon yang diduga akan menjadi TKI non-prosedural atau ilegal. (SW)

BACA Juga:
[Video] Mengenal Balis, Sepeda Motor Listrik Roda Tiga

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here