Beranda Batik Dubes Amerika Serikat Tertarik Sentral Batik Trusmi

Dubes Amerika Serikat Tertarik Sentral Batik Trusmi

BAGIKAN

Cirebontrust.com – Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) tertarik mempelajari perekonomian, sosial, kebudayaan serta politik di Kabupaten Cirebon.

Asisten Kebudayaan dari Kedubes AS, Maxwell S Harrington mengatakan ada banyak hal menarik yang bisa dipelajari di daerah ini, salah satu yang segera dijajaki adalah program pertukaran pelajar.

Menurut Maxwell, Kabupaten Cirebon merupakan daerah yang potensi kebudayaannya sangat tinggi, sehingga tidak heran pihak Kedubes AS setuju untuk melihat secara langsung bagaimana proses kebudayaan.

Salah satu tempat yang dikunjungi adalah kawasan batik Trusmi di Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon.

“Pertukaran pelajar itu merupakan program rutin di Kedubes AS, kami antara lain berkunjung ke beberapa daerah untuk program ini,” kata Maxwel seusai bertemu dengan bupati, H Sunjaya Purwadisastra di ruanganya, Rabu (13/09).

Menurut Maxwell, Kedubes pun tertarik akan situasi politik di Cirebon. Salah satunya disebabkan rencana pemilihan kepala daerah serentak yang akan digelar pada Juni 2018 mendatang.

“Makanya tadi kita bertemu langsung dengan Pak Bupati, kami antara lain berbicara soal politik juga, bagaimana nanti beliau akan maju kembali, komitmen terhadap pembangunan, dan sebagainya. Kami dari Kedubes AS sendiri berharap jalannya pilkada serentak bisa berjalan lancar,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati H Sunjaya Purwadisastra mengatakan akan ada berbagai kerjasama dengan pihak Kedubes yang bisa dijalankan di masa mendatang. Di antaranya adalah Kedubes AS bersedia menyiapkan trainer atau tenaga pelatih di bidang perdagangan.

Sunjaya juga mengatakan, Kedubes AS tertarik membicarakan soal komitmen pembangunan yang akan dilakukannya baik saat ini maupun nanti ketika terpilih kembali pada pemilihan bupati di tahun depan.

“Tahun depan kan kita ada pilkada serentak. Mereka tanya soal perkembangan politik dan saya jawab apa adanya, mereka pun sempat menanyakan kepada saya apakah saya yakin atau tidak untuk terpilih kembali dan saya jawab saya yakin,” katanya. (Iskandar)

BACA Juga:
[Video] Suzuki Luncurkan New SX4 S-Cross

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here