Beranda Cirebon Gedung Karesidenan Cirebon, Rumah Dinas Pemerintah Kolonial di Masa Lampau

Gedung Karesidenan Cirebon, Rumah Dinas Pemerintah Kolonial di Masa Lampau

BAGIKAN
gedung negara cirebon, bakorwil cirebon

CIREBON (CT) – Gedung Karesidenan Cirebon dibangun pada 1865 ketika Karesidenan Cirebon dipimpin oleh Albert Wilhem Kinder De Camurecq. Pada waktu itu, gedung ini berfungsi sebagai rumah dinas residen, sementara kantor residen berada di Lemahwungkuk yang dibangun pada 1841. Gedung ini dibuat lantaran Benteng Beschertmingh mengalami kebakaran kemudian diikuti dengan pemindahan kantor dan pemukiman orang-orang Eropa keluar kawasan pelabuhan.

Gedung ini terletak di Jalan Siliwangi, secara administratif gedung ini terletak di Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. Gedung ini dirancang oleh seorang arsitek Belanda bernama Van Den Berg dengan arsitektur menyerupai Istana Merdeka Jakarta. Material utamanya bata merah, batu, pasir, kapur, kayu jati, genting, marmer dan tegel.

Sampai dengan tahun 1973 Gedung Negara Cirebon masih dikenal sebagai Gedung Karesidenan Cirebon. Lalu dengan dihilangkannya wilayah karesidenan, pada 1974 namanya berubah menjadi Gedung Kantor Pembantu Gubernur Wilayah III Cirebon. Sejak tahun 2000 Gedung Negara Cirebon menjadi Kantor Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Cirebon. Kini, Gedung Negara bisa diakses oleh masyarakat sekitar karena memiliki beberapa rusa bertanduk yang diperbolehkan untuk ditonton dari luar kandang. (Net/CT)

BACA Juga:
[Video] Tren Tato Wajah Rasi Bintang

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here