Beranda Cirebon H Aryanto Misel Penemu “Bio Diesel” dan Produk Inovatif

H Aryanto Misel Penemu “Bio Diesel” dan Produk Inovatif

BAGIKAN

Cirebontrust.com – Ditangan pemilik nama lengkap, Aryanto Misel asal kota Semarang 1965 lalu, telah menempuh Pendidikan mulai SD Pindirikan 6 Semarang,  SMP Semarang dan SMA Bhineka (Jakarta) (Tidak Tamat) kini tinggal di alamat lengkap sekarang di Jl. Ki Jaka No. 14, Lemahabang, Kab.  Cirebon.

Meski semasa remaja kehidupannya sangat sulit sekali, orang tuanya pekerja harian, sekolahnya pun putus di tengah jalan.

“Lalu saya berfikir bagaimana saya untuk bisa membantu orang tua karena aku mengingat adik-adikku yang masih kecil. Akhirnya aku memutuskan untuk mencari pekerjaan di Jakarta,” ujar H. Aryanto Misel ke CT.

Menurutnya dia masih ingat pada Februari 1974 dia berangkat ke jakarta, padahal tidak punya saudara di sana, jadi tidak ada yang dituju.

Dia juga berkata bahwa selama di Jakarta dia pernah menjadi supir otplet, supir truk mengangkut tanah dan pernah juga bekerja di kontraktor membangun pergudangan bulog di pulau jawa.

Kemudian pada tahun 1990-an dia memutuskan pulang ke kampung halaman, dengan sedikit modal membuka usaha, membuat suku cadang mobil, motor, terdiri dari karet antara lain bot roda, boot shook, boot stir dan lain lain.

Pada tahun 2006 waktu itu BBM naik 100%. Masyarakat bawah sangat kesusahan dengan naiknya BBM dan otomatis harga kebutuhan harga bahan pokok melonjak naik “terutama nelayan”.

“Saya sangat terpanggil untuk itu, dengan izin Allah sangat singkat saya membuat bahan bakar nabati, bahan bakunya saya buat dari minyak goreng bekas, bahan bakar temuan saya sangat diminati para nelayan dan petani untuk menggerakan dieselnya untuk menggantikan solar,” katanya.

BBM temuannya, diberi nama Bio Diesel dan pada waktu itu nelayan sangat tertolong dengan adanya BBM Murah.  Saat itu, dia sangat merasakan bangga dengan hasil karya sendiri. Dan banyak lagi temuan-temuan yang bisa dimanfaatkan dan berguna bagi masyarakat.

BACA Juga:
Tertabrak Truk hingga Motornya Terbakar, Seorang Karyawan Puskesmas Tegalgubug Tewas

“Tetapi berjalan satu tahun jelantah naik, akhirnya kandas. Dulu bisa produksi 15 ton/perhari. Akhirnya bikin penghemat dan menciptakan produk-produk lain,” katanya.

Produk-produk yang diciptakan antara lain adalah Annaro Fire stop (pemadam api organik), Akashu HPA 01 (Pemadam Api dari kulit singkong), Annaro Go Green Ko Hi HPA 015 (Cairan anti rambat Api).

Kemudian, Akhasu PL (pengusir lalat), Annaro Go Green Kapsul Ajaib (pengaman gas elpiji otomatis/anti ledak, anti desis, anti bocor).

“Dan kenapa produk saya dinamakan dengan bahasa Jepang, karena saya terinspirasi orang jepang yang giat dan mau berusaha inovatif,” pungksnya. (Nanang Krismana)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here