Beranda Cirebon Hasna Medika RS Jantung Swasta Pertama di Indonesia yang Raih Akreditasi Paripurna

Hasna Medika RS Jantung Swasta Pertama di Indonesia yang Raih Akreditasi Paripurna

BAGIKAN

Cirebontrust.com – Rumah Sakit Jantung Hasna Medika, Palimanan, Kabupaten Cirebon, menjadi rumah sakit jantung swasta pertama di Indonesia yang berhasil meraih Akreditasi Paripurna.

Demikian dikatakan Direktur RS Jantung Hasna Medika, Hasan Basri, saat acara silaturrahmi sekaligus buka puasa bersama keluarga besar RS Jantung Hasna Medika, Minggu (18/06), di halaman RS setempat.

Pada acara itu juga diadakan pemberian santunan bagi puluhan anak yatim. Hasan Basri menjelaskan, Akreditasi Paripurna yang berhasil diraih RS Jantung Hasna Medika diinisiasi lembaga independen Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) yang berskala nasional. Survey akreditasi dilaksanakan pada tanggal 3-5 April lalu dan pengumuman raihan Akreditasi Paripurna pada 19 April 2017.

Predikat akreditasi dimulai dari Dasar, Madya, Utama, dan yang tertinggi adalah Paripurna. Akreditasi Paripurna imelibatkan 15 bab Pokja, 323 standar, dan 1218 elemen penilaian. Untuk layak mendapatkan predikat Akreditasi Paripurna, semua bab, standar, dan elemen penilaian tersebut nilainya harus di atas 80 persen.

“Dengan raihan Akreditasi Paripurna ini, maka pelayanan yang ada di rumah sakit kami dinilai sudah memenuhi standar nasional,” katanya.

Diungkapkan Hasan, saat ini, jumlah pasien rawat jalan yang ada di poliklinik RS Jantung Hasna Medika sebanyak 150 pasien setiap harinya. Selain itu, pihaknya juga menerapkan penanganan medis segera bagi pasien yang tiba di UGD (golden periode). Dalam 5 menit, pasien yang masuk ke IGD harus segera mendapat penanganan dokter.

“Hal itu diterapkan karena penanganan penyakit jantung berpacu dengan waktu, sehingga harus cepat tanggap” jelasnya.

Hasan menambahkan, untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, RS Jantung Hasna Medika juga telah mengembangkan usaha, terutama di daerah-daerah yang memiliki market pasien yang cukup signifikan. Saat ini yang sudah berjalan adalah klinik khusus jantung Hasna Medika di Lohbener, Indramayu. Untuk tahun depan diharapkan sudah terwujud RS jantung di Kuningan.

BACA Juga:
Instruksi Koalisi PDI Perjuangan-Golkar Sulit Diwujudkan di Majalengka

“Pada tahun 2019 nanti, kami menargetkan sudah buka RS Jantung di Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB) Majalengka,” pungkasnya. (Haris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here