Beranda Headline Hati-hati Memilih, Beredar Mi Samyang Mengandung Babi

Hati-hati Memilih, Beredar Mi Samyang Mengandung Babi

BAGIKAN
Hati-hati Memilih, Beredar Mi Samyang Mengandung Babi
Foto: Kompas

Cirebontrust.com – Baru-baru ini, empat produk mie instan asal Korea yang mengandung babi dilaporkan ada di dua kota Indonesia. Dikutip dari laman Kompas.com, Senin (19/6/2017), menurut Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI Penny K Lukito, dua kota yang dimaksud adalah Manokwari dan Surabaya.

Saat ini, lanjut dia, Balai POM Provinsi telah menarik produk tersebut. Setelah ditemukannya mie instan mengandung babi ini, seluruh Balai POM bergerak untuk sidak ke gerai makanan dan minuman.

Adapun keempat produk mie instan yang mengandung babi itu adalah Samyang dengan nama produk U-Dong, Nongshim dengan nama produk Shin Ramyun Black, Samyang dengan nama produk Mi Instan Rasa Kimchi, dan Ottogi dengan nama produk Yeul Ramen.

Penny menjelaskan bahwa pihaknya mengetahui produk-produk tersebut mengandung babi setelah importir hendak meregistrasi mie instan itu.

Sesuai ketentuan BPOM, produk-produk yang mengandung babi harus diberitahu bahwa itu mengandung babi dan tercantum di kemasannya. Kemudian disertakan penambahan gambar babi.

Saat pemasaran produk di eceran dan supermarket, produk tersebut harus diletakkan terpisah dengan tanda mengandung babi. Hanya saja, tak ada informasi bahwa produk-produk tersebut mengandung babi.

Kemudian BPOM melakukan uji laboratorium dan menyatakan bahwa keempat mie instan tersebut mengandung babi. (SW)

BACA Juga:  Kenapa Mie Samyang Bikin Ketagihan?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here