Beranda Nusantara Indonesia Belum Maksimal Manfaatkan Energi Terbarukan

Indonesia Belum Maksimal Manfaatkan Energi Terbarukan

BAGIKAN
Indonesia Belum Maksimal Manfaatkan Energi Terbarukan
Foto: shutterstock

Cirebontrust.com – Negara seperti Denmark sudah memanfaatkan energi angin sebagai pembangkit listrik. Berikutnya Islandia adalah negara yang memiliki potensi sumber energi terbarukan yang sangat besar.

Laman Hijauku.com menuliskan bahwa Islandia memasok 27% kebutuhan listriknya dari sumber energi panas bumi (geothermal) dan sebanyak 73% kebutuhan listrik sisanya berasal dari pembangkit listrik tenaga air.

Lalu, kapan Indonesia akan menerapkannya?

Dilansir dari detikcom, Kamis (14/9/2017), pemerintah menargetkan bauran energi terbarukan pada tahun 2025 mendatang mencapai 23%. Namun hal ini tak mudah, lantaran selama ini pemanfaatannya masih terbilang kecil, padahal potensi energi terbarukan di Indonesia melimpah.

Menurut Manager Senior PLN Divisi Energi Baru Terbarukan, Yudistian Yunis, salah satu alasan sulitnya pengembangan energi terbarukan, khususnya di bidang listrik adalah harga jualnya yang kurang bisa bersaing dengan energi fosil. Selama ini, dia bilang pemanfaatan energi terbarukan terjebak pada inefisiensi pada pelaksanaannya.

Kemampuan teknis yang masih kurang dalam pemanfaatan energi terbarukan membuat produksi tidak berjalan efisien. Hal ini pun membuat proses pembangunan berjalan panjang dan membuat biaya investasi menjadi bertambah. (SW)

BACA Juga:
CSB Fashion Week Hadirkan Tren Busana dari Brand Ternama dan Desainer Lokal

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here