Beranda Cirebon Kapal Layar Legendaris ‘Dewaruci’ Bakal Kunjungi Cirebon

Kapal Layar Legendaris ‘Dewaruci’ Bakal Kunjungi Cirebon

BAGIKAN

Cirebontrust.com – Kota Cirebon akan kedatangan kapal layar legendaris kebanggaan Indonesia, yakni Dewaruci. Kapal tersebut akan bersandar di Pelabuhan Cirebon dan mengadakan open ship selama tiga hari 25-27 Agustus 2017.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Cirebon, Letkol Marinir Yustinus Rudiman, M.TR. Hanla, menjelaskan, Dewaruci membawa sekitar 100 kadet tingkat dua Akademi Angkatan Laut dan pengasuh serta 60 awak kapal.

Selain open ship, para kadet akademi Angkatan Laut juga akan mengadakan kunjungan, antara lain ke pemerintah daerah, Forkopimda serta Mako Lanal Cirebon dan Tegal.

Para kadet juga akan berkunjung ke sekolah-sekolah mengenalkan TNI Angkatan Laut dan mengobarkan semangat kebaharian.

Kedatangan kapal layar Dewaruci ke Cirebon dikatakan Danlanal merupakan kebanggaan tersendiri. Pasalnya tidak semua daerah di Indonesia didatangi Dewaruci. Selain Cirebon, Dewaruci juga akan ke Tegal lalu ke Surabaya.

“Sejarah panjang TNI AL, termasuk berbagai pertempuran hebat, tidak terlepas dari Cirebon dan Tegal,” katanya, Kamis (24/08).

Danlanal Letkol Mar Yustinus memaparkan, Dewaruci merupakan kapal laut tipe tallship barquentin atau kapal layar panjang. Penggerak utamanya adalah angin dan menggunakan navigasi alam atau astronomi murni.

Sebelumnya, di dunia hanya ada dua kapal laut yang bertipe tersebut, salah satunya kapal laut milik Perancis.

Namun kapal milik Perancis sudah tidak berlayar sejak tahun 1980. Praktis yang bertahan hingga saat ini adalah Dewaruci sehingga bisa dikatakan Dewaruci merupakan warisan dunia.

Danlanal menambahkan, Dewaruci adalah kapal legenda. Semua perwira TNI AL lahir dari Dewaruci, termasuk dirinya. Selama ini Dewaruci telah bekeliling ke bernagai belahan dunia membawa misi diplomasi.

Kedatangan Dewaruci ke Cirebon juga merupakan momen untuk mengenang dan menghormati para pendahulu bangsa.

BACA Juga:
Puluhan Ojek Pangkalan dan Sopir Angkot Kepung Kantor Gojek Cirebon

“Indonesia merupakan negara maritim. Nenek moyang bangsa Indonesia merupakan pelaut tangguh dan handal,” kata Danlanal Letkol Mar Yustinus.

Dalam acara yang juga didukung Grage Group itu, masyarakat umum bisa melihat dari dekat Dewaruci gratis tanpa dipungut biaya.

Open ship juga akan dimeriahkan kegiatan yang digelar Grage Group, seperti lomba mewarnai gambar kapal Dewaruci tingkat TK dan wefie kontes. Selain itu ada juga aerobik dan zumba pantai terbuka untuk umum dan bagi-bagi doorprize.

Di acara open ship Dewa Ruci, Grage Hotel juga akan membuka angkringan mulai harga dua ribuan, ayam guprek serta aneka jahe rempah, jahe kunyit asem dan jahe susu. Grage Hotel juga akan bagi-bagi voucher untuk diskon kamar, spa, dan resto serta berbagai merchandise. (Haris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here