Beranda Budaya Keluarga Kesultanan Keraton Kanoman Cirebon Bersama Ratusan Abdi Dalem Menggelar Kirab

Keluarga Kesultanan Keraton Kanoman Cirebon Bersama Ratusan Abdi Dalem Menggelar Kirab

BAGIKAN

Cirebontrust.com – Kesultanan Kanoman Cirebon dipimpin Sultan Kanoman XII, Sultan Muhammad Emirrudin didampingi Pangeran Patih Keraton Kanoman P Raja Qodiran, dan Ratu Arimbi berserta ratusan abdi dalem menggelar kegiatan tradisi rutin peringatah Hari Jadi Kota Cirebon ke-648 tahun.

Sekaligus peringatan 1 Muharam 1439 Hijriyah, Jumat (22/09) malam. Kegiatan yang diawali dilaksanakan di lingkungan Keraton Kanoman itu, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan kirab keluarga keraton bersama ratusan abdi dalem, berjalan kaki mulai dari Keraton Kanoman menuju makam Sunan Gunung Jati Cirebon.

Dengan membawa berbagai pusaka keraton, obor, dan beragai aksesoris lambang keraton, seluruh abdi dalem mengiringi keluarga sultan yang menaiki kereta kencana.

Rute yang dilewati yakni dari keraton kanoman, berjalan kaki menuju Jalan Karanggetas, Jalan Siliwangi, dan Jalan Klayan hingga sampai di lingkungan Makom Sunan Gunung Jati.

“Ini acara kirab yang digelar rutin setiap tahun, tepat di Hari Jadi Kota Cirebon juga bertepatan dengan peringatan 1 Muharam 1439 Hijriyah,” kata kerabat keraton yang mengikuti kirab yang diisi dengan puncak kegiatan ziarah ke Sunan Gunung Jati.

Pelaksanaan kirab yang dilangsungkan malam hari itu, mendapatkan perhatian warga yang masih berkativitas di malam hari, mereka tampak nongkrong dipinggi jalan dan bisa melihat dari dekat kirab tersebut.

“Saya selalu mengikuti dilaksanakannya kirab ini di setiap tahunnya, tidak pernah bosen karena ini sudah menjadi budaya warga Cirebon, terlebih keluarga keraton,” kata warga di Jalan Karanggetas. (Asna)

BACA Juga:
[Video] Realita Selebgram VS Pengguna Biasa

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here