Beranda Cirebon Lima Orang WNA dalam Pengawasan Imigrasi Cirebon

Lima Orang WNA dalam Pengawasan Imigrasi Cirebon

BAGIKAN
berita cirebon, sejumlah, orang wna, dalam pengawasan, imigrasi cirebon

CIREBON (CT) – Imigrasi Cirebon menyatakan pihaknya tengah melakukan pengawasan sejumlah WNA yang ada di Wilayah III Cirebon. Kesemuanya, merupakan hasil operasi pengawasan secara serentak yang dilakukan di seluruh Indonesia yang dimulai 19 hingga 23 Oktober.

Menurut Kepala Kantor Imigrasi Cirbeon, Eko Budianto pengawasan terhadap WNA yang ditemukannya, berdasarkan Surat Edaran Direktur Penyidakan dan Penindakan Keimigrasian Nomor IMI.5.GR.02.07-1.2130, tentang Pelaksanaan Operasi Pengawasan Orang secara serentak di seluruh Indonesia. Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon, telah menggelar operasi pengawasan Orang Asing di wilayah III Cirebon.

“Kita melibatkan 33 (delapan belas) personil. Strategi pengawasan keimigrasian di lapangan dilaksanakan melalui pembagian 2 (dua) tim 1 tim pengawasan keimigrasian dan 1 (satu) tim penindakan keimigrasian. Kita bentuk Tim Operasi Pengawasan Orang Asing Tahap II dengan “Sandi Bhumi Pura Wira Wibawa”, wilayah operasi sesuai dengan wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon in,” jelasnya.

Dikatakannya, dari hasil pelaksanaan operasi “Sandi Bhumi Pura Wira Wibawa” tersebut, oleh tim pengawasan yang terjun langsung ke lapangan dengan target operasi yang telah ditentukan sebelumnya. Ditemukan adanya 5 (lima) warga negara Asing dari berbagai kewarganegaraan.

Antara lain WN. Suriah (1 orang) dengan dugaan pelanggaran Illegal Stay (Pasal 78 Ayat 3), WN. Jerman, Korea Selatan dan Jepang dengan melakukan pelanggaran yang sama yaitu tidak membawa paspor (Pasal 71 Huruf B JO Pasal 116) dan WN. Tiongkok dengan dugaan pelanggaran penyalahgunaan Visa (pasal 122 Huruf A).

“Sejauh ini masih dilakukan pemeriksaan terhadap kelima warga negara asing tersebut. Apabila dari hasil pemeriksaan diketahui melakukan pelanggaran keimigrasian, maka terhadap mereka dapat dilakukan Tindakan Administrasi Keimigrasian sesuai Pasal 75 Undang-Undang Nomor 6 tahun 2011,” tukasnya. (Asna Sugiana)

BACA Juga:
Cegah Paham Radikal Korem 063 / SGJ Gelar Pembinaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here