Beranda Babad Cirebon Makam Ki Buyut Trusmi, Peninggalan Anak Pertama Raja Pajajaran

Makam Ki Buyut Trusmi, Peninggalan Anak Pertama Raja Pajajaran

BAGIKAN
Makam Ki Buyut Trusmi, Peninggalan Anak Pertama Raja Pajajaran

Cirebontrust.com – Komplek Buyut Trusmi merupakan tempat ziarah yang dibangun pada tahun 1481 oleh Trusmi, anak pertama Raja Pajajaran (Prabu Siliwangi). Buyut Trusmi adalah yang menyebarkan ajaran Islam di Cirebon.

Kompleks Makam Ki Buyut Trusmi terdapat di Kampung Dalem Kelurahan Trusmi Wetan Kecamatan Weru. Lokasi yang berjarak sekitar 5 kilometer dari Kelurahan Sumber ini sangat mudah dijangkau menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Gerbang masuk pertama ke kompleks Kramat Buyut Trusmi Cirebon berupa gapura terbuat dari susunan bata merah bakar.

Lingkungan sekitar komplek Makam Ki Buyut Trusmi berupa pemukiman penduduk. Sebagaimana bangunan dari masa kesultanan Cirebon lainnya, komplek Makam Ki Buyut Trusmi didominasi warna merah bata. Halaman dalam secara umum terbagi dua bagian. Di sebelah selatan terdapat bangunan masjid sedangkan sebelah utara merupakan tempat bangunan makam Buyut Trusmi.

Jika datang berkunjung ke tempat wisata ini, merangkaklah melewati gapura dan masuk ke dalam area makam. Melangkah lebih ke dalam, ada masjid. Di dalam masjid ada bedug memanjang cukup besar yang diletakkan menggantung, diikat sepasang tambang.

Beberapa baris tulisan dalam huruf Arab terlihat pada dinding di atas pintu masuk ke dalam ruang utama masjid. Tanggal yang tertera 30-7-1969. Tanggal tersebut menunjukkan waktu perbaikan masjid. Masuk ke ruang utama masjid yang tak begitu besar, terlihat mimbar dan soko guru berukir suluran daun dan bunga.

Pengelola situs Ki Buyut Trusmi, Ahmad menjelaskan, pada waktu tertentu biasa dilakukan upacara. Pada setiap tanggal 25 bulan Maulud dilakukan upacara ganti welit (atap dari anyaman daun kelapa) dilanjut dengan tahlilan. “Atap yang terbuat dari sirap juga diganti secara berkala. Setiap empat tahun sekali upacara penggantian sirap dilakukan. Dalam upacara ini akan dipungkasi oleh pertunjukan wayang kulit.” (Dara/mgng)

BACA Juga:
[Video] Tips Menjadi Seorang Youtuber Sukses

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here