Beranda Cirebon Mengkhawatirkan Stok Darah di PMI Cirebon Menipis

Mengkhawatirkan Stok Darah di PMI Cirebon Menipis

BAGIKAN

Cirebontrust.com – Persediaan darah dari semua golongan di PMI Kabupaten Cirebon menipis. Stok darah mulai dari golongan A, B, AB dan O sejak awal bulan Ramadhan mulai kekurangan persediaan.

Di kantor laboratorium PMI Kabupaten Cirebon, stok darah golongan A hanya tersisa 5 kantong sedangkan golongan darah B masih tersedia 75 kantong, AB 10 dan golongan darah O 40 kantong.

Kasubag Laboratorium PMI Kabupaten Cirebon, Maftuha mengimbau agar masyarakat yang membutuhkan golongan darah A dan B membawa pendonor sendiri.

“PMI menyarankan untuk golongan darah A dan B bawa pendonor sendiri. Sebab stok darah golongan A dan B sekarang sudah menipis,” kata Maftuha, Senin (19/06).

Akibat dari berkurangnya stok darah tersebut, PMI Kabupaten Cirebon tidak bisa memasok darah ke rumah sakit di Kabupaten Cirebon.

Maftuha juga menegaskan golongan darah O yang selama ini dianggap masyarakat bisa mendonorkan kepada golongan apa saja, tidaklah benar.

“Jangankan golongan darah O. Sesama golongan darah A saja belum tentu cocok apalagi beda golongan,” katanya.

Menipisnya stok darah disebabkan berkurangnya pendonor. Apalagi saat bulan ramadhan, para pendonor berkurang drastis.

“Mereka berpikir saat puasa tidak bisa donor, padahal kalau kondisi fit meskipun puasa itu bisa donor darah,” terangnya.

Ketersediaan darah di PMI Kabupaten Cirebon biasanya, kata Maftuha bisa mencapai 100 kantong darah setiap harinya. Banyaknya kantong darah banyak disumbang dari kegiatan gelar donor di sekolah dan kampus- kampus.

“Memang idealnya titik aman semua golongan darah 100 kantong,” pungkasnya. (Iskandar)

BACA Juga:
Gula Disegel Kemendag, APTRI Tantang Adu Data Lab

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here