Beranda Bisnis Pengrajin Anyaman Kursi Rotan dan Plastik Sintetis Kebanjiran Order

Pengrajin Anyaman Kursi Rotan dan Plastik Sintetis Kebanjiran Order

BAGIKAN

Cirebontrust.com – Sejumlah pengrajin anyaman kursi rotan dan anyaman kursi dari bahan plastik sintetis sepertinya mulai menunjukkan geliatnya, hal itu dibuktikan mulai banyaknya pesanan dari perorangan hingga dari sejumlah perusahan yang ada di Kota dan Kabupaten Cirebon.

Menurut pengrajin di sekitar Kelurahan Watubelah, Kabupaten Cirebon mereka saat ini sudah mulai sibuk dengan banyaknya pesanan yang masuk kepada mereka, baik perorangan ataupun pesanan dari perusahaan tersebut.

“Disini Kami lagi membuat keranjian anyaman rotan, saya membuat kerajinan dengan cara menganyam sudah sejak tahun 2012, jadi kalau dihitung sudah 5 tahun mas. Kalau sekarang, kami sedang menganyam kursi dan meja, mengenai taknik nganyam ada 2 mas, yakni Rom sama fill, kalau yang fill itu lebih memakai tenaga mas biasanya itu buat pesanan khusus perorangan,” jelas Nurul, Pengrajin.

Sementara kata dia jika anyaman jenis Rom, dianggap lebih simpel biasanya pesanan dari pabrik. Setiap bulan, katanya dia bersama rekannya dapat memproduksi 200 pcs produk untuk kursi, sementara untuk produk meja bisa mencapai 250 pcs.

“Kalau ngomong soal harganya itu beda-beda mas, di sini kami sedang memenuhi pesanan pabrik, bikin produk kursi rasio, karena produk paling laku di sini kursi rasio itu mas,” tandasnya.

Dilanjutkannya, produksi pesanan pabrik yakni kursi rasio yang cukup banyak, jika model fill hanya khusus pesenan yang datang langsung dari peroangan, biasanya mereka datang dari luar kota.

Pekerjaan menganyam, ujarnya bukan saja dilakukan oleh kaum pria, melainkan banyak juga dilakukan oleh pengrajin perempuan, namun sementara ini mereka tengah sibuk ngurus keluarganya.

“Ngomongi masalah warna itu, tergantung pesanannya mas. Harapan ke dapannya, usahak kami di sini bisa makin banyak orang yang suka produk lokal, apalagi produk Cirebon sendiri,” pungkasnya. (Rizko/Lingga)

BACA Juga:
Seorang Nelayan Hilang saat Melakukan Panen Ijoan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here