Beranda Bisnis Pengrajin Gypsum Mulai Dikenal Semua Kalangan Masyarakat di Cirebon

Pengrajin Gypsum Mulai Dikenal Semua Kalangan Masyarakat di Cirebon

BAGIKAN

Cirebontrust.com – Usaha gypsum sepertinya dianggap usaha yang belum banyak diketahui masyarakat, namun seiring kemajuan dan perkembangan jaman, kini material penghias bangunan tersebut mulai digandrungi semua kalangan masyarakat di Kota dan Kabupaten Cirebon.

Hal itu disampaikan, Yadi salah seorang pelaku usaha pembuatan gypsum yang sudah menjalankan bisnisnya sejak tahun 2.000-an lalu. Produksi gypsum yang dibuat cukup banyak macamnya juga motif pada gypsum tersebut.

“Motifnya macam macam dari model polos dan jenis ukiran. Juga banyak pilihan ukuran, seperti ukuran 8 sentimeter sampai 20 sentimeter, pada umumnya sih yang dipakai 11,8 sampai 15 sentimeter. Sementara jenis yang paling laku itu, model polos atau model minimalis,” jelasnya.

Terkait harga, lanjut Yadi dia menjual di pasaran nomalnya ukuran 15 sentimeter Rp 18.000, untuk ukuran 11 senitimeter sekitar Rp 15.000. Sementara untuk model gantungan lampu ada sedikit berbeda, dijual mulai dari harga Rp 50.000 sampai Rp 100.000.

“Untuk penghias lampu, bahannya beda mas agak banyaklah. Seperti bahan baku kapur, tapi dan kita menggunakan bahan pengerasnya dinamakan gypsum, cara pemasarannya saya suplai ke toko-toko bagunan/matrial,” katanya.

Namun demikian, saat ini dirinya masih tetap melakukan cara penjualan sistem door to door, meski sekarang masyarakat mulai mengenal semua. Hanya saja, meski masih dilakukan door to door sudah sangat jarang.

“Kini, masyarakat sudah lansung ke toko material, kadang juga sebagian dari mereka datang lansung ke penggerajinnya. Proses pembuatannya itu, sekitar 15 menit sampa 20 menit, tergantung motif yang dibuatnya sesuai pesanan,” tandasnya. (Lingga)

BACA Juga:
Tiga Roda Bersama TNI Cetak Tukang Kontruksi Berkualitas

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here