Beranda Kesehatan Penting, Sabun Mandi Bukan untuk Cuci Muka Lho!

Penting, Sabun Mandi Bukan untuk Cuci Muka Lho!

BAGIKAN
Penting, Sabun Mandi Bukan untuk Cuci Muka Lho!

Cirebontrust.com – Orang yang cenderung cuek dan tidak memperhatikan penampilan atau kesehatan tubuhnya, hampir dipastikan tidak rewel dalam memilih produk pembersih tubuh. Misalnya, ia akan menggunakan sambun mandi untuk tubuh sekaligus berlaku untuk muka atau karena diklaim lebih aman maka menggunakan sabun bayi.

Hal itu, sebaiknya jangan dilakukan. Menurut dr.Melyawati Hermawan, Sp.KK, dilansir dari Look Good Kompas.com, Senin (19/6/2017), sabun mandi memiliki komposisi yang berbeda dengan sabun khusus wajah.

Untuk membersihkan wajah, ia menyarankan menggunakan produk sabun muka dengan kandungan surfaktan yang ringan sehingga dapat tetap menjaga fungsi kulit.

Produk yang memiliki kadar surfaktan tinggi biasanya memang memberi efek kulit menjadi kesat, namun menurut Melyawati hal itu disebabkan karena minyak alami di wajah ikut terhapus.

Lapisan minyak di kulit ibarat semen dalam batu bata di tembok, fungsinya juga untuk memproteksi kulit dan mencegah penguapan air sehingga kulit tidak gampang kering, katanya.

Kulit yang kering akan menyebabkan rasa gatal, wajah tampak kusam, dan juga mempercepat tanda penuaan. (SW)

BACA Juga:  Kulit Kusam Bisa Jadi Karena Dehidrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here