Beranda Budaya Teater Awal Cirebon, 25 Tahun Konsisten Mengangkat Isu-isu Sosial

Teater Awal Cirebon, 25 Tahun Konsisten Mengangkat Isu-isu Sosial

BAGIKAN
Teater Awal, 25 Tahun Konsisten Mengangkat Isu-isu Sosial
Foto: Teater Awal Cirebon

Cirebontrust.com – Sanggar Seni Teater Awal merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang memiliki konsentrasi di bidang pagelaran seni teater, musik, tari, dan kesenian lainnya. Berdiri sejak 9 November 1992, Teater Awal konsisten dengan pertunjukan yang mengangkat isu-isu sosial.

“Setiap dua bulan, biasanya kami melakukan pentas. Pada periode kepengurusan kami, naskah yang pernah diangkat di antaranya Selembar Daun Kering karya sastrawan Cirebon Edeng Syamsul Ma’arif, dan pentas Ramadan “Pagi Bening” karya Serafin dan Joaquin Alvarez Quintero. Kedua naskah tersebut sangat kental dengan isu sosial,” ujar Habib Hazmy Mawarid, Ketua Umum Sanggar Seni Teater Awal.

Berangkat dari kegelisahan terhadap keadaan sekitar, Teater Awal yang berisikan para mahasiswa IAIN Syekh Nurjati, tidak melupakan jati diri mereka sebagai agen perubahan. Menyajikan sebuah kritikan dalam bentuk pagelaran seni, dinilai sejalan dengan minat dan bakat para anggotanya.

Meskipun sering menemui hambatan saat pentas teater, Habib mengaku dirinya dan anggota akan tetap berusahan manjalankan agenda yang sudah tercantum dalam program kerja.

“Ketika pentas, kami berusaha menyajikan yang terbaik. Apresiasi penonton juga alhamdulillah sejauh ini meningkat. Saya juga selalu menekankan kepada teman-teman sesama anggota agar tidak pernah berhenti berkarya,” pungkas Habib. (Aida/mgng)

BACA Juga:
[Video] Ngeri! King Kobra Berkeliaran di Kantin Sekolah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here