Beranda Indramayu Tekan Kenaikan Harga, Indramayu Gelar Pasar Murah

Tekan Kenaikan Harga, Indramayu Gelar Pasar Murah

BAGIKAN

Indramayutrust.com – Ribuan warga di Kabupaten Indramayu memadati pasar murah yang digelar oleh Pemkab Indramayu di Alun-Alun Indramayu, Senin (19/06).

Wakil Bupati Indramayu, H. Supendi seperti yang dirilis Diskominfo Indramayu menjelaskan, tujuan diselenggarakannya kegiatan pasar murah ini adalah dalam upaya membantu masyarakat Indramayu yang tingkat daya belinya rendah.

Agar dapat memperoleh barang-barang kebutuhan pokok dengan harga dibawah harga pasar, khususnya dalam menghadapi bulan ramadhan dan idul fitri 1438 hijriyah.

“Pasar murah ini meskipun belum sepenuhnya menjawab keinginan masyarakat akan barang-barang murah, namun paling tidak Pemkab Indramayu bisa menyediakan barang dengan kualitas bagus dan harga yang rendah bagi masyarakat yang daya belinya rendah,” katanya.
Pemerintah Kabupaten Indramayu, lanjut wabup, senantiasa berupaya memberikan perhatian dan dukungan yang besar untuk mensukeskan kegiatan pasar murah tersebut.

Seperti diketahui, harga-harga pangan khususnya kebutuhan pokok masyarakat adalah salah satu indicator yang memberikan kontribusi yang sangat tinggi terhadap pertumbuhan inflasi daerah.

“Pasar murah ini diharapkan dapat mengurangi lonjakan kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat menjelang idul fitri sehingga berdampak terhadap rendahnya tingkat inflasi di Kabupaten Indramayu,” tegas Wabup.

Supendi mengajak kepada masyarakat Indramayu untuk menjadi konsumen yang cerdas dengan cara teliti sebelum membeli, membaca panduan cara penggunaan produk, perhatikan kartu garansi, perhatikan timbangan yang adil.

Laporan pengaduan kepada lembaga perlindungan konsumen atau badan penyelesain sengketa konsumen, perhatikan tanggal kadluarsa, membeli produk SNI, memperhatikan kualitas mutu, membeli produk dalam negeri, dan menegaskan kewajiban konsumen.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha kecil dan Menengah, Perdagangan dan Industri Kabupaten Indramayu, Omarsyah, menjelaskan, peserta pasar murah tahun 2017 ini berjumlah 30 peserta yang dilaksanakan pada tanggal 19 – 20 Juni 2017.

BACA Juga:
Dapat Ijin Lingkungan Baru, Proyek Pembangunan PLTU 2 Cirebon Tetap Berjalan

Dalam pelaksanaan pasar murah yang digelar di Alun-Alun Indramayu tersebut, setiap 1 paket sembako dibanderol harga hanya Rp 45.000 dari harga yang seharusnya Rp 88.000 karena mendapatkan subsidi dari pemkab sebesar Rp 43.000 dengan isi beras 5 kg, gula 1 kg, minyak goreng 1 liter, dan mie instans 5 bungkus.

Sementara, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, M Abdul Majid Ikram mengatakan, pihaknya sangat mensuport berbagai program dan kegiatan yang dapat mendongkrak perekonomian di Kabupaten Indramayu.

Terlebih saat ini menghadapi Idul Fitri sehingga masyarakat dapat mendapatkan barang kebutuhan pokonya dengan harga yang lebih murah bila dibandingkan dengan membeli ditempat lain.

Pada kesempatan itu juga BI menyediakan tempat penukaran uang pecahan kecil baru bagi masyarakat yang membutuhkannya. (Didi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here