Beranda Bisnis Waspadai Toko Nakal yang Menggesek Kartu Transaksi Secara Ganda

Waspadai Toko Nakal yang Menggesek Kartu Transaksi Secara Ganda

BAGIKAN
Waspadai Toko Nakal yang Menggesek Kartu Transaksi Secara Ganda
Foto: infoperbankan

Cirebontrust.com – Para pengguna kartu kredit dan debit atau transaksi nontunai harus berhati-hati terhadap terhadap merchant atau toko nakal yang menggesek kartu dua kali atau penggesekan ganda dalam transaksi nontunai.

Dilansir dari laman Otonomi.co.id, Kamis (7/9/2017), Bank Indonesia (BI) mengimbau hal tersebut lantaran menurut Gubernur BI Agus Martowardojo, konsumen berhak menolak jika kartu kredit atau kartu debitnya digesek dua kali baik di mesin Electronic Data Capture (EDC) maupun mesin kasir.

Konsumen harus meyakini bahwa kalau sudah digesek di EDC, tidak boleh digesek lagi di mesin kasir karena itu bisa terjadi profile dan data pemegang kartu di-copy dalam mesin kasir.

Ketika upaya tadi dilakukan, salah satu kebocoran data nasabah karena terjadinya penggesekan dua kali dalam melakukan transaksi nontunai.

Dia menjelaskan, apabila ada yang melanggar, bank atau mitra merchant harus segera mengambil tindakan tegas. Apabila tidak ditindak, maka BI yang akan turun tangan.

Jika ditemui praktik demikian, masyarakat diminta berperan aktif, caranya dengan melapor ke Bank Indonesia Contact Center (BICARA) 131 dengan menyebutkan nama pedagang dan nama bank pengelola yang dapat dilihat di stiker mesin EDC. (SW)

BACA Juga:
[Video] Bikin Nyengir! Anak Ini Menangis Ingin Dianggap Bisa Kerja

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here